Wakaf SMP Islam Ibnu Umar

Ikhlaskah Orang yang Mengharap Syurga

 


Ikhlaskah Orang yang Mengharap Syurga

Pertanyaan:

Ustadz, saya mau bertanya tentang keikhlasan dalam beramal. Apakah beramal dengan mengharapkan surganya Allah, menjadikan amalan tersebut menjadi tertolak?

Jawaban:

Tidak, justru itulah keikhlasan, beramal dalam rangka mengarapkan surga Allah.

Allah menjelaskan sifat-sifat para shahabat Rasulullah dalam ayat sebagai berikut:

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآَزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا (29) [الفتح/29]

"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat…" (QS. Al-Fath: 29)

Imam Ibnu Katsir berkata ketika menjelaskan firmanNya:

{ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا }

"Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya…".

Allah mensifati mereka dengan banyak beramal dan shalat, shalat yang merupakan amal yang terbaik, dan juga mensifati mereka dengan keikhlasan dalam beramal, dan mengaharapkan pahala di sisi Allah, yaitu SURGA-NYA yang mencakup karunia Allah, rizkiNya yang luas dan RidhaNya. (Tafsir Ibnu Kastir 7/361).

Allahu a’lam bishshowab..

Dijawab oleh: Ustadz Abu Abdirrahman Musthofa Ahmada, Lc., MA.

Artikel: www.ibnuumar.or.id

Posting Komentar

0 Komentar